DAS Batang Beringin Membutuhkan Penanganan Jangka Panjang

PASAMAN, (13/6/2023), – Merespon bencana banjir bandang yang melanda Jorong Beringin, Nagari Lansek, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Suharjono, bersama dengan Dinas PSDA dan BPBD Sumbar, memberikan bantuan kepada daerah terdampak.

 

“Karena ini adalah keadaan darurat, kita hanya bisa memberikan bantuan sebatas kemampuan kita. Kita berharap Pemerintah Provinsi dapat memberikan bantuan yang lebih kepada masyarakat yang terkena musibah ini,” katanya disela-sela penyerahan bantuan, baru-baru ini.

 

Ia menyebutkan, lebih dari 10 hektar area perkebunan masyarakat dilanda banjir bandang akibat meluapnya Sungai Batang Beringin di kampung Beringin tersebut.

Selain itu, tiga rumah warga juga hanyut terbawa arus sungai. Sekarang diperlukan penanganan jangka panjang untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Beringin.

“Banjir ini sudah terjadi beberapa kali, sehingga diperlukan tindakan jangka panjang agar kerugian setiap tahun dapat dicegah,” katanya.

Sebelumnya Bupati Pasaman, Benny Utama, meminta warganya untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini di Indonesia, termasuk di Kabupaten Pasaman.

Ia juga mengingatkan bahwa wilayah tersebut merupakan daerah yang rentan terhadap bencana alam, terutama banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Namun masyarakat tidak perlu takut, yang perlu diperhatikan adalah tidak mendiami daerah aliran sungai atau di sepanjang tepian sungai serta di daerah-daerah pinggir tebing. Tetap waspada,” pintanya.